Terima Enam Raperda, DPRD Berau Segera Bahas RAPBD-P 2017

 

TANJUNG REDEB – DPRD Berau menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari eksekutif, Selasa (17/10/2017).

Ketua DPRD Berau Syarifatul Syadiah memimpin rapat, didampingi Wakil Ketua I Saga dan Wakil Ketua II Anwar. Paripurna dihadiri Bupati Berau Muharram, Wakil Bupati Agus Tantomo serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Enam raperda yang disampaikan, yakni :

  1. Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah
  2. Raperda tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Berau
  3. Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Kepelabuhanan
  4. Raperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pajak Daerah
  5. Raperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Berau Kepada Perusda Bhakti Praja
  6. Raperda tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPB) Perubahan 2017

Ketua DPRD Berau Syarifatul Sya’diah mengatakan, enam raperda yang telah disampaikan akan segera dijadwalkan di Badan Musyawarah (Banmus) DPRD untuk segera dibahas.

“Segera kami agendakan pembahasananya,” katanya.

Untuk rancangan APBD perubahan 2017, dikatakan politisi Partai Golkar ini, akan menjadi fokus pembahasan utama. Sebab, APBD Perubahan 2017 sudah banyak ditunggu, mengingat beberapa program dan kegiatan, sumber anggaran berasal dari APBD-P 2017 ini.

“Khususnya masih adanya kegiatan proyek fisik yang dilelang. Jadi kami akan segera membahas RAPBD-P 2017 ini secepatnya. Sehingga bisa segera diperdakan,” ujarnya.

Dengan sisa waktu yang mepet, dewan berharap agar anggaran bisa terserap dengan maksimal. Yang paling utama, manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

“Jangan sampai sudah dianggarkan tapi tidak tuntas pekerjaannya. Sehingga tidak maksimal dimanfaatkan,” tandasnya.(advertorial/bnc)