RAPBD 2018 Diserahkan Pemkab, DPRD Berau Fokus Bahas APBD 2018

 

TANJUNG REDEB – DPRD Berau telah menerima Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 yang diserahkan eksekutif. Penyerahan RAPBD 2018 ini melalui rapat paripurna yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gabungan Komisi, Jumat (17/11/2017).

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Berau Syarifatul Sya’diah itu, diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Berau Jonie Marhansyah dan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta para pejabat di jajaran Pemkab Berau.

Syarifatul mengatakan, setelah penyampaian RAPBD 2018 ini, dewan segera melakukan pembahasan di internal dewan maupun dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

“Mengingat waktu yang semakin mepet, kami akan fokus melakukan pembahasan. Karena target kita tanggal 27 November, APBD sudah disahkan. Semoga tidak meleset dari perencanaan,” katanya.

Ia juga berharap, dalam setiap pembahasan RAPBD 2018 berjalan lancar. Sehingga APBD 2018 bisa disahkan tepat waktu.

“Kami akan segera melakukan pembahasan bersama dan dijadwalkan kembali untuk segera penetapan,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Berau Jonie Marhansyah menyampaikan, dalam penyusunan RAPBD 2018, perkembangan ekonomi dan keuangan daerah menjadi perhatian utama. Pasalnya, dinamika perkembangan ekonomi dan keuangan pemerindah daerah, saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung. Terutama pada penyelenggaraan pemerintahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan nota kesepakatan antara Pemkab dengan DPRD Berau tentang KUA-PPAS, menjadi acuan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rencana kerja anggaran (RKA).

“Kebijakan umum APBD yang disusun mengakomodasi agenda-agenda pembangunan yang telah ditetapkan dengan memperhatikan dokumen perencanaan yang ada dengan beberapa program prioritas 2018,” tandasnya.(advertorial/bnc)