Ketua DPRD: Semua Kegiatan Panwaslu Perlu Didukung

 

TANJUNG REDEB- Sekitar pukul 09.00 Wita, Rabu (06/09/2017) pagi, DPRD Berau menyambut kedatangan Panitia Pengawas Pemili (Panwaslu) Berau yang sudah dilantik beberapa waktu lalu.

Selain silaturahmi, kedatangan Panwaslu tersebut juga terkait dengan aturan baru dari provinsi dimana anggaran Panwaslu akan dibebankan kepada daerah.

BACA JUGA : Ini Dia 3 Nama Panwaslu Berau Terpilih

Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah mengatakan, jika terkait aturan baru tersebut pihaknya belum menerima lampiran atau surat dari provinsi. Namun, menurutnya memang kegiatan Panwaslu perlu didukung.

"Jadi ada peraturan baru kalau Pilgub 2018 nanti seperti sarana prasarana, mobil dan keperluan lainnya itu dibebankan oleh Pemda. Provinsi adanya operasional dan honor-honor," ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, saat ini Berau sedang mengalami defisit anggaran. Berbeda dengan sebelumnya jika ada dana hibah dari Pemda untuk Panwaslu sekitar Rp8 miliar.

"Saat ini kita memang sedang sulit anggaran. Untuk Panwas sendiri banyak yang diperlukan seperti pembentukan Panwas Kecamatan di 13 kecamatan, belum operasional dan lainnya," ujarnya.

Saat ini yang jadi kendala Panwas sendiri terkait bangunan kantor sementara, dan hal ini perlu diakomodir. Dari informasi Panwaslu sendiri jika kendala saat ini sudah disampaikan kepada Kesbangpol dan Bappeda.

"Bagaimanapun kita ikut mendukung karena kita juga mengadakan rangkaian demokrasi seperti Pilgub mendatang," tambah Sari.

Jika tidak ada dukungan untuk mereka, ke depannya hal ini juga bisa menjadi kendala, apalagi mereka perlu merekrut atau membentuk Panwas di setiap kecamatan yang pastinya memerlukan karyawan dan operasional.

"Kalau sudah berjalan, di kecamatan juga perlu bangunan kantor. Kalau tidak ada, mau mendaftar atau memasukkan berkas lamaran untuk gabung menjadi Panwas kecamatan juga bingung," katanya.

Untuk hal ini nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah dan Kesbangpol.

"Nanti kita koordinasikan lagi dengan pihak-pihak terkait," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia