Dewan Dukung Kebijakan Wabup Operasikan Alat Insenerator

 

TANJUNG REDEB - Ketua Komisi III DPRD Berau, Mulyadi mendukung langkah Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dalam menangani sampah di Pulau Derawan dengan menginstruksikan agar alat insenerator yang ada di Pulau Derawan, difungsikan.

Mulyadi menilai, langkah tersebut dianggap tepat untuk mengurangi volume sampah yang ada di Pulau Derawan. Pasalnya, dengan mengoperasikan alat tersebut setidaknya membuat dana yang sudah keluar untuk pengadaan alat insenerator tidak mubazir.

"Menurut saya itu kebijakan yang bagus untuk memfungsikan alat tersebut. Dengan demikian permasalahan sampah di Pulau Derawan bisa diatasi dan volume sampah bisa berkurang," ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (27/08/2017).

BACA JUGA : Atasi Sampah di Pulau Derawan, Ini yang Akan Dilakukan

Dengan dioperasikan alat tersebut, masih ada hal lain yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait, bahkan pemerintahan kampung, yakni mensosialisasikan kepada masyarakat terkait hal-hal penting dalam pengoperasian nanti. Hal tersebut guna mengantisipasi adanya penolakan dari masyarakat.

"Hal lain yang perlu diingat adalah pentingnya sosialisasi kepada masyarakat jangan sampai nanti ada penolakan karena kekhawatiran mereka," ucapnya.

Mulyadi menambahkan, tak hanya langkah ini yang harus dilakukan saat ini. Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan, yakni memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut. Selain itu aparat kampung perlu mensosialisasikan hal itu.

"Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan khususnya dari pihak kampung seperti memberitahu kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan atau mengadakan beberapa tempat sampah di Pulau Derawan agar ada tempat bagi masyarakat membuang sebelum dibawa ke alat insenerator," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia