Dewan Anggap Perusda Minim Kontribusi Terhadap PAD

 

TANJUNG REDEB – Dalam Rapat Paripurna Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Berau terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2016, beberapa waktu lalu, Fraksi Partai Nasdem membacakan beberapa catatan penting dalam menyikapi turunnya APBD Kabupaten Berau, salah satunya terkait perlunya pemerintah daerah berani menerapkan kebijakan target perolehan yang realistis kepada pimpinan Perusahaan Daerah (Perusda) guna memberikan kontribusi yang besar kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Ketua Komisi II DPRD Berau, Achmad Rijal menganggap jika apa yang didapat pemerintah daerah dari Perusda yang ada tidak sebanding dengan besarnya investasi Pemkab. Diketahui, investasi Pemkab ada di 4 Perusda, yakni PT Hutan Sanggam Labanan Lestari (HSLL), PT Indo Pusaka BErau (IPB), Bank Kaltim, dan juga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah.
 
“Selama ini yang didapat itu kecil dari Perusda yang ada. Hal ini pun jelas menjadi tanda tanya kami di DPRD Kabupaten Berau,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Rabu (23/08/2017).
 
Rijal menambahkan, hingga saat ini Pemkab Berau diketahui masih merupakan pemilik saham terbesar di PT IPB. Diketahui pula pada tahun 2015 lalu PT IPB membukukan laba sekitar Rp16 miliar, sedangkan yang diterima Pemkab Berau hanya Rp841 Juta.
 
“Dengan perolehan saham Pemkab yang 49 persen di PT IPB, tentu sangat tidak realistis jika PT IPB hanya memberikan kontribusi Rp841 juta kepada PAD Berau tahun 2016. Mengingat Pemkab butuh pemasukan PAD yang besar buat pembangunan,” katanya.
 
Ditegaskannya, dengan kondisi keuangan daerah yang saat ini sedang turun, Pemkab Berau harusnya bisa lebih kuat melakukan negosiasi agar mendapatkan pembagian laba lebih besar saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
 
“Kami berharap agar seluruh BUMD atau Perusda yang di dalamnya terdapat saham Pemkab, setiap tahun bisa memberikan laporan keuangan kepada DPRD Berau dan sudah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, sehingga dapat diketahui seberapa jauh kinerja dan seberapa besar kontribusinya terhadap PAD Berau,” pungkasnya.(bnc)
 
Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia