APBD 2018 Defisit Lagi, DPRD Upayakan Gali Pendapatan dari Berbagai Sektor

 

TANJUNG REDEB- Defisit APBD Berau kembali terjadi di tahun anggaran 2018. Nilai APBD yang mencapai Rp1,8 triliun,  diperkirakan hanya dapat terealisasi sekitar Rp1,3 triliun. Untuk mengatasi hal tersebut, dikatakan Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina, pihaknya akan terus mencoba menggali potensi pendapatan daerah dari berbagai sektor.

Salah satunya, sektor pariwisata Berau yang dinilai sudah cukup ternama di mata dunia. Selain itu, pendapatan daerah juga akan diusahakan melalui kontribusi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Berau, baik dari sektor pertambangan maupun perkebunan berupa dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Proyeksi anggaran kita tahun depan turun sekitar Rp500 miliar. Maka kita perlu menggali lagi pendapatan dari sektor yang unggul, seperti pariwisata, dana CSR dari pertambangan, maupun perkebunan yang memang cukup banyak di Berau. Harapan kita ada di situ," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (16/8/2017).

Terkait dana CSR, diakuinya saat ini masih cukup banyak perusahaan yang belum memenuhi tanggungjawab CSR tersebut. Sehingga untuk mendorong hal itu, saat ini pihaknya tengah membuat rancangan peraturan daerah (raperda) terkait CSR.

"Raperdanya masih dibahas. Karena saat ini belum semua perusahaan memenuhi CSR-nya. Yang baru eksis dari sektor pertambangan. Sementara kita ingin juga dari sektor lain seperi perkebunan untuk dapat melaksanakan kewajibannya tersebut," jelasnya.

 

Selain itu, pendapatan daerah juga akan diupayakan melalui APBN. Dikatakan perempuan yang bernaung di bawah Fraksi Partai Golkar tersebut, Komisi II DPRD Berau juga akan melakukan koordinasi langsung kepada Kementerian agar APBN dapat turun ke Kabupaten.

"Kita akan upayakan semuanya. Perlu diketahui, untuk anggaran tahun 2018 ini, yang lebih banyak ialah Belanja Tidak Langsung (BTL) yakni belanja pegawai, sementara belanja langsung untuk infrastruktur belanja modal malah kecil," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia