Komisi III DPRD : Daripada Buat Taman, Lebih Baik Badan Jalan Dilebarkan

 

TANJUNG REDEB- Beberapa bulan terakhir, tampak ada beberapa kegiatan pembangunan di lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, seperti yang tampak di persimpangan Jalan Durian I Menuju Jalan Mangga II, dan persimpangan Jalan Mangga II menuju Jalan H. Isa III.

Meski tak dilengkapi papan proyek, pembangunan yang menyerupai taman tersebut diketahui milik pemerintah daerah melalui dinas terkait.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Berau, M. Ichsan Rapi mengatakan, seharusnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh dinas menggunakan plang proyek, agar diketahui kegiatan apa yang dilakukan dan berapa besaran anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan tersebut.

“Itu ada ada kegiatan di simpangan (Mangga II-H.Isa III-red), tidak tahu apa yang dibikin tapi sepertinya taman. Kalau itu memang kegiatan dinas, setidaknya ada papan proyeknya,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (10/08/2017).

Jika pembangunan yang ada di lokasi tersebut merupakan taman, Iccang (sapaan akrabnya), menganggap kurang pas. Menurutnya, lokasi tersebut lebih baik digunakan untuk melebarkan trotoar atau badan jalan, agar memudahkan pengguna jalan berbelok.

 

“Kalau itu dibikin taman, untuk apa dan untuk siapa. Kalau menurut saya lebih efektif badan jalannya dibesarkan di posisi tikungan, jadi pengguna jalan bisa lebih mudah berbelok,” kata politisi Partai Gerindara itu.

Selain itu, dari hasil pantauannya, seperti di lokasi Jalan Mangga II menuju Jalan H. Isa III pada traffic light, tertulis jika ingin berbelok kiri boleh langsung. Namun, terkadang jika banyak kendaraan yang menunggu lampu merah, pengendara yang akan berbelok dari arah Mangga II menuju H. Isa III terpaksa ikut menunggu juga.

“Bisa kita lihat, kalau sudah lampu merah orang yang mau belok kiri harusnya langsung, malah kadang harus menunggu juga. Andai badan jalan di bagian tikungan itu dibesarkan, pasti penggguna jalan nyaman,” bebernya.

Dikatakanya, jika memang lokasi tersebut akan dibangun taman, apakah sudah dipertimbangkan peruntukkan atau fungsinya. Jika memang bermanfaat, pihaknya jelas akan mendukung, namun jika tidak, mungkin lebih efektif lahan Pemkab bisa digunakan sedikit untuk pelebaran badan jalan terutama di bagian persimpangan.

“Kalau memang untuk taman, bermanfaat dan mendesak, ya kita dukung, tapi kalau menurut saya lebih bagus lagi kalau dibikin jalan, entah mungkin di atas drainase dengan kontruksi yang kuat atau bagaimana. Yang jelas badan jalan bisa lebih lebar di tikungan, itu juga bisa mengantisipasi kerawanan berlalu lintas,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia