Hanya Beberapa Perusahaan Penuhi Kewajiban BPJS Karyawan

 

TANJUNG REDEB - Kesehatan adalah hak setiap warga, termasuk para karyawan, baik yang bekerja sebagai pegawai tetap di perusahaan maupun yang berstatus kontrak. Tetapi, nampaknya hak tersebut belum sepenuhnya dirasakan oleh para pekerja, khususnya di Kabupaten Berau sendiri.

Dari data yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, hanya beberapa perusahaan yang sudah mendaftarkan pegawainya untuk mendapatkan hak asuransi kesehatan, dalam hal ini adalah BPJS.

Anggota Komisi I DPRD Berau, Feri Kombong, ketika ditemui beraunews.com, Jumat (04/08/2017), membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, dalam pertemuan dengan Disnakertrans, terungkap bahwa, urusan BPJS, tak berbeda jauh dengan masalah THR.

 

"Hanya beberapa perusahaan saja yang tercatat sudah memberikan hak BPJS untuk para karyawannya, padahal itu sudah menjadi hak mereka," terangnya.

"Tetapi ada juga perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan, tapi datanya masuk di kantor pusat, misalnya kantor pusatnya di Jakarta, di sanalah nama-nama karyawannya tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan. Nah inilah yang membuat monitoringnya agak susah. Kasihan juga nanti kalau ada karyawannya yang semisal sakit di Berau sini, tidak bisa menerima pengobatan lantaran semua datanya ada di Jakarta," tambahnya.

 

Ia berharap, terkait hak kesehatan ini, kalau bisa pendaftaran karyawan di tiap perusahaan, bisa dilakukan di regional tempatnya bekerja atau di daerah operasi perusahaan tersebut. Ini agar mempermudah melakukan pengurusan jika berhubungan dengan BPJS Kesehatan.(bnc)