PT Temas Bantah Tak Libatkan TKBM Dalam Proses Bongkar Muat

 

TANJUNG REDEB- Keluhan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Berau, yang disampaikan melalui hearing atau rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPRD Berau, terkait tidak dilibatkannya TKBM dalam proses bongkar muat oleh perusahaan peti kemas PT Tempuran Mas (Temas), langsung ditanggapi oleh PT Prima Mas Berau (PMB) selaku mitra dalam melaksanakan aktivitas bongkar muat PT Temas.

Melalui release resminya yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT PMB, Nuhgrahi Mawan, secara tegas membantah jika pihaknya dikatakan tak melibatkan TKBM dalam aktivitas bongkar muat peti kemas milik PT Temas.

Dikatakannya, aktivitas bongkar muat yang dilakukan pihaknya hanya ada tiga jenis pekerjaan, dari tiga kegiatan itu, sudah ada dua kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan oleh TKBM Berau.
 
Pekerjaan yang dimaksud, yakni aktivitas bongkar dari kapal ke dermaga (Stevadoring), dari dermaga menuju ke depo (Cargodoring), dan dari depo menuju gudang atau toko pemilik barang (Delivery).

“Dengan mempedomani Peraturan Menteri Perhubungan KM Nomor 35/2007, sangat tidak beralasan jika TKBM tidak dilibatkan dalam kegiatan bongkar muat peti kemas milik PT Temas. Jadi dalam hal ini, Stevadoring dan Cargodoring sudah dilaksanakan oleh TKBM,” jelasnya kepada beraunews.com, Jumat (04/08/2017) malam.

BACA JUGA : PT Temas Tak Libatkan TKBM, Dewan Akan Panggil Pihak Terkait

Khusus untuk kegiatan Delivery atau angkutan barang dari depo PT Temas, yang terletak di kawasan Jalan Karang Mulyo, Tanjung Redeb, menuju masing-masing gudang/toko pemilik barang, dikatakan Nuhgrahi, pihaknya selaku Perusahaan Jasa Pengurus Transportasi (PJPT) atau Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), telah memberdayakan masyarakat lokal.

“Kita gunakan tenaga masyarakat lokal untuk item pekerjaan Delivery. Sebab, pekerjaan sudah berada di luar kawasan Pelabuhan Tanjung Redeb,” tuturnya.

Diakhir releasenya, Nuhgahi meminta, agar untuk informasi lebih lanjut tentang aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Redeb, dapat menghubungi Syahbandar dan PT Pelindo.

"Silahkan hubungi Syahbandar selaku pembina dan PT Pelindo selaku Badan Unit Penyelenggara (BUP) Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang mempekerjakan TKBM atas pekerjaan Stevadoring dan Cargodoring," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor : Rita Amelia