Komisi III DPRD Berau Dukung Pembangunan SMP di Maluang, Syaratnya?

 

TANJUNG REDEB- Rencana Pembangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kampung Maluang Kecamatan Gunung Tabur yang rencananya akan ditinjau oleh Dinas Pendidikan, diapresiasi Anggota DPRD Berau Komisi III, Rudi P Mangunsong.

Ketika dihubungi beraunews.com, Jumat (04/08/2017), Rudi menyebutkan, adanya hibah lahan dari kampung merupakan hal yang luar biasa, apalagi untuk membangun sarana sekolah bagi masyarakatnya. Jelas hal ini patut menjadi contoh untuk kampung lain, karena sejauh ini setiap adanya program dari pemerintah biasanya bermasalah pada lahan. Namun dengan adanya hibah yang dilakukan itu, merupakan hal yang patut diapresiasi.

Dikatakannya, jika memang menurut program dinas memang merupakan suatu kebutuhan untuk membangun sekolah di wilayah tersebut, pihaknya juga mendukung. Namun memang perlu dikaji dengan matang apakah siswa, guru dan hal lainnya sudah memenuhi syarat untuk pembangunan sekolah apa tidak, apalagi kondisi anggaran yang ada saat ini.

"Yang jelas dikaji dengan matang, lihat potensi siswa, kelulusan dan juga kebutuhan guru mencukupi apa tidak. Jika memang menurut dinas merupakan kebutuhan, ya silahkan dibangun dan kita mendukung," katanya.

Saat ini pelajar yang ada di Kampung Maluang mungkin memang lebih banyak menempuh pendidikan di Gunung Tabur. Jika memang di Maluang punya sekolah sendiri, setidaknya juga bisa menampung pelajar di sekitar kampung agar tidak terlalu jauh dan bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

"Dilihat juga, apakah banyak remaja yang tak mau sekolah karena letak sekolahnya jauh atau tidak. Kalau disitu dibangun sekolah, paling tidak kampung terdekat juga bisa sekolah di sana agar jarak tempuh lebih dekat," bebernya.

Pada intinya, Rudi mengapresiasi apa yang dilakukan pihak kampung. Terkait sekolah sendiri, pihaknya berharap kajian tepat dilakukan dinas agar tepat sasaran.

"Kita harap ya jika itu program dan kebutuhan bisa berjalan dengan baik dan membantu masyarakat terutama di bidang pendidikan ini sendiri," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia