PLMTH Kelay Hanya Berumur 1 Tahun, Ini Tanggapan DPRD

 

TANJUNG REDEB- Hampir 2 tahun ini Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) yang ada di Kampung Long Duhung, Kecamatan Kelay tak berfungsi. Padahal PLTMH yang dibangun menggunakan APBD tersebut sangat diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan listrik di sana. Untuk diketahui, PLTMH tersebut sempat berfungsi 1 tahun.

Menanggapi persoalan tersebut, Anggota Komisi III DPRD Berau, Vitalis Paulus Lette mengatakan, seharusnya sebelum program tersebut direalisasikan, terlebih dahulu, dilakukan analisis yang matang dan survei wilayah. Sehingga pemerintah bisa melihat apa yang lebih berpotensi di wilayah tersebut.

"Saya belum lihat juga PLTMH di sana, tapi kalau begitu kondisinya seharusnya ada survei dulu untuk melihat pembangkit listrik apa yang berpotensi untuk dibangun di sana," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (03/08/2017).

BACA JUGA : PLTMH Kelay Hanya Bernyawa 1 Tahun

Dikatakannya, memang di wilayah tersebut banyak debit air. Namun kita tidak tahu apakah potensi debit air di lokasi tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik atau tidak. Sehingga survei yang matang sangat perlu.

"Memang banyak debit air juga di sana, tapi ya dilihat dulu berpotensi apa tidak, kalau memang ada yang lain dan memang potensinya lebih baik, ya bisa saja dibangun," tambahnya.

Vitalis menambahkan, untuk pembangunan pembangkit listrik lain seperti misalnya PLTS di wilayah tersebut, bisa saja dilakukan selama memang bisa. Namun, dilihat lagi dari cara pembangunannya nanti apakah lebih rumit atau tidak.

"Yang jelas kalau PLTS lebih berpotensi dibangun di sana kenapa tidak? Kita lihat juga nanti bagaimana kondisi geografis di sana kalau dibangun PLTS, yang jelas kalau ada waktu nanti saya akan cek juga ke lokasi untuk melihat potensi di sana," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia