Perda Hak Keuangan DPRD Wujud Perhatian Pemerintah Pusat

 

TANJUNG REDEB – Selain mengesahkan Perda Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam), pada rapat paripurna kemarin juga ada perda lain yang disahkan DPRD Berau, yakni raperda hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD.

Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah menilai, perda ini merupakan wujud perhatian pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, sehingga ada keseimbangan pengelolaan pemerintah daerah dengan penunjang kesejahteraan yang memadai bagi DPRD.

"Ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan bagi kami, khususnya DPRD karena dengan adanya perda ini, berarti pemerintah pusat memberikan perhatian, khususnya dari pak Presiden Jokowi," terang politisi Partai Golkar tersebut kepada beraunews.com, Selasa (01/08/2017).

BACA JUGA : Setelah 12 Tahun, Akhirnya Ada Perubahan Tunjangan DPRD

 

Namun demikian, lanjut Sari (sapaan akrab Ketua DPRD Berau-red), dengan disahkannya perda ini, bukan berarti pimpinan dan anggota dewan bisa mempergunakan hak dengan semaunya. Pasalnya, perda tersebut lahir sebagai amanah dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18/2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

"Lahirnya produk hukum ini, diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap pimpinan dan anggota DPRD agar lebih meningkatkan kinerja dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, penganggaran, demi terwujudnya pemerintahan yang good government dan clean goverment," jelasnya.

 

Selain itu, dikatakan Sari, dirinya secara khusus mengapresiasi kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan DPRD. Khususnya, kepada Kabag Hukum, BPKAD, rekan-rekan Pansus dan Bapemperda. Pasalnya, para pihak telah bekerja keras, sehingga dalam waktu singkat perda ini dapat disahkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.  

"Apalagi raperda hak keuangan dan administratif DPRD ini adalah amanat yang diatur dalam PP, dimana harus diperdakan sebelum 3 bulan sejak PP ini dirilis, yaitu tanggal 28 Mei 2017 dan diundangkan tanggal 2 Juni 2017," pungkasnya.(bnc)