Dukung Swasembada Sapi, Peternak Bisa Manfaatkan Produksi Jagung

 

TANJUNG REDEB – Target Pemprov Kaltim untuk melaksanakan swasembada sapi sebanyak 2 juta ekor pada tahun 2018, dikatakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Berau, Achmad Rijal, merupakan salah satu langkah untuk memajukan sektor peternakan di Berau.

Demi mendukung hal itu, dibutuhkan peran Pemkab untuk memaksimalkan sektor peternakan yang ada saat ini. Namun ditengah-tengah hal tersebut, ada beberapa kendala yang kerap dialami para peternak sapi, diantaranya ialah minimnya pakan untuk ternak mereka.
 
Tapi, dikatakan politikus yang bernaung dibawah Fraksi Partai Nasdem tersebut, kendala dapat diatasi dengan memanfaatkan produksi sampingan dari kebun jagung yang ada di Berau.
 
“Apalagi Berau merupakan penghasil komoditi jagung terbesar di Kaltim, lalu kenapa tidak ada pemikiran kita untuk membuat pakan sapi ini dari produksi sampingan perkebunan jagung?,” ujarnya kepada beraunews.com, Selasa (01/08/2017).
 
Memanfaatkan produksi sampingan dari perkebunan jagung tersebut, dikatakannya dapat dilakukan dengan dukungan dari Pemkab maupun Pemprov secara langsung, sehingga apa yang ditargetkan untuk menghasilkan 2 juta ekor sapi dapat berjalan dengan lancar.
 
“Kalau terkendala oleh anggaran yang saat ini defisit, bisa saja ini dilarikan ke Pemprov atau sekalian Pemerintah Pusat. Sebab saya yakin, untuk hal-hal seperti ini mereka bisa saja memberikan jalan,” tandasnya.
 
Saat ini pun dikatakannya sudah banyak program yang terkait dengan sapi telah berjalan, seperti inseminasi buatan serta pinjaman kredit ternak sapi yang semuanya dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dan mendukung swasembada sapi tersebut.(bnc)
 
Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia