Byarpet Terus, DPRD Tagih Janji PLN Segera Selesaikan PLTU Teluk Bayur

 

TANJUNG REDEB- Beberapa bulan lalu, DPRD Berau sempat menggelar pertemuan dengan PT PLN Wilayah Kaltimra (Kaltim dan Kaltara) guna membahas persoalan listrik yang ada. Namun, saat ini diketahui listrik di Berau kembali mengalami byarpet atau pemadaman bergilir.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Berau, Jasmine Hambali mengatakan, penyebab terus terjadinya pemadaman bergilir, tak lain sebagai akibat tak tercukupinya daya listrik yang ada. Sementara, solusi mengatasi kekurangan daya itu, PLN berharap dari PLTU Teluk Bayur, yang hingga kini tak kunjung beroperasi.

"Kondisi saat ini dayanya tak cukup, dan kita harap PLTU Teluk Bayur segera diselesaikan agar bisa memenuhi kebutuhan listrik yang ada. Kita tidak usah berbicara surplus, yang penting cukup saja dulu untuk saat ini, jadi tidak ada pemadaman bergilir lagi," ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (31/07/2017).

Dikatakannya, saat ini tidak bisa terlalu berharap dengan PLTU Lati, sebab setiap terjadi jadwal pemeliharaan, beberapa boiler yang ada juga akan ikutan "batuk" alias mulai menunjukkan gejala kerusakan. Guna menutupi kekurangan listrik, seharusnya PLTU Teluk Bayur segera diselesaikan.

"Ini saja sudah molor, harusnya akhir tahun kemarin selesai. Tapi ini sudah 6 bulan lebih lewat dari target belum juga selesai," kata dia.

BACA JUGA: Ini Hasil Pertemuan DPRD Berau dengan PLN Wilayah Kaltimra di Balikpapan

Diketahui saat ini PLTU mengcover daerah perkotaan dan beberapa wilayah di sekitarnya. Seharusnya PLN juga sudah masuk ke daerah perkampungan seperti wacana yang disampaikan saat pertemuan beberapa waktu lalu, yang mengatakan jika ada program untuk beberapa kampung.

"Itu perlu kita dorong juga soal listrik di perkampungan, karena masyarakat kampung punya hak juga. Jadi kita harap selain permasalahan listrik di kota selesai, program PLN terkait beberapa kampung itu juga akan kita dorong agar segera terselesaikan," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia