Ketua DPRD : Syarat Tes Urine Bagi Pelajar, Banyak Manfaatnya

 

TANJUNG REDEB – Adanya peraturan baru yang mengharuskan pelajar lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melakukan tes urine sebelum melanjutkan ke bangku SMA/SMK, dikatakan Ketua DPRD Berau, sangat bagus.

Ditemui Senin (11/06/2017), Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah, mengatakan jika peraturan tersebut memberikan dampak positif, baik bagi orang tua, sekolah, maupun bagi anak itu sendiri.

"Kalau memang sudah peraturannya, ya berarti harus dipatuhi. Lagipula peraturan ini sangat bagus khususnya bagi si anak itu sendiri, karena dengan begini, maka mereka akan berpikir ratusan kali bahkan ribuan kali sebelum mencoba menggunakan narkoba. Kan kalau tes dan ketahuan positif, maka tidak akan bisa melanjutkan pendidikan," terangnya.

Ya, ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelajar khususnya yang hendak melanjutkan pendidikan. Jika mereka nekat mencoba menggunakan narkoba, maka masa depan pendidikannya dipastikan tidak akan bisa berlanjut.

"Kalau orang tua, dengan begini maka pengawasan kepada anaknya juga akan bertambah, lebih maksimal. Mereka juga sudah pastinya tahu resiko jika anaknya memakai narkoba, maka anaknya tidak akan bisa melanjutkan sekolah," tegasnya.

Sedangkan untuk pihak sekolah sendiri, dengan adanya tes urine ini maka sekolah akan lebih ketat lagi dalam menerima calon murid. Dan pastinya jangka panjang ke depannya juga akan bagus bagi pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Berau.

"Kualitas pendidikan di Berau khususnya juga akan semakin bagus, remaja sebagai generasi penerus bangsa akan terbebas dari narkoba," pungkasnya.(bnc)