60 Persen Lebih Penghuni Rutan Kasus Narkoba, Edukasi Perlu Digencarkan di Kalangan Muda

 

TANJUNG REDEB – Sebagian besar penghuni di Rutan Klas IIB Tanjung Redeb, merupakan narapidana yang tersandung kasus narkoba. Hal tersebut memunculkan keprihatinan di mata anggota Komisi I DPRD Berau, Najmuddin.

Agar tercipta generasi muda yang terbebas dari pengaruh narkoba, untuk itu dalam masa resesnya beberapa waktu lalu, ia mengungkapkan perlu adanya edukasi dan pendampingan sejak dini dari pihak terkait seperti BNK maupun Polres dalam memberikan pengetahuan kepada khalayak muda saat ini akan bahaya narkoba.

Hal itu dikatakannya sangat penting, sebab tidak dipungkiri banyak kaum muda yang berbekal rasa penasaran ataupun sekadar ikut-ikutan sesuatu yang dianggap tren masa kini, kemudian berani mencoba mendekati barang haram tersebut.

“Yang paling perlu dilakukan saat ini ialah memberikan edukasi bukan hanya sebatas bentuk hukuman apa yang akan mereka terima jika berani menggunakan narkoba. Tapi juga dampak terburuk yang sudah pasti akan mereka alami jika mendekati apalagi menggunakan narkoba, yaitu dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan sosialnya,” jelas pria yang merupakan kader di Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, kepada beraunews.com, Selasa (30/05/2017).

Menurutnya, mengenalkan bahaya narkoba harus dimulai sejak dini dan dari usia dini. Pengenalan tersebut dapat melalui sosialisasi ataupun seminar aktif yang melibatkan kaum muda dan narasumber terkait.

“Mungkin selama ini kita sudah kerap kali melakukan edukasi terhadap remaja kita, tapi faktanya masih banyak juga muda-mudi kita yang terjerumus narkoba. Sehingga yang harus dilakukan berarti harus lebih kencang lagi,” ucapnya.

Namun yang lebih penting menurutnya ialah peran keluarga untuk menghindarkan anak dari bahaya narkoba maupun kenakalan remaja lainnya. Peran keluarga merupakan yang paling berpengaruh.

“Itu namanya kita berusaha, tapi usaha untuk menjauhkan anak-anak kita dari hal seperti itu akan lebih baik jika internal keluarga lebih aktif memberikan edukasi. Sebab hingga hari ini kita tahu, pengguna narkoba bukannya semakin sedikit justru semakin membludak,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia