Minimalkan Anggaran Kepanitiaan, Ketua DPRD Minta SKPD dan OPD Belajar dari Mahasiswa

 

TANJUNG REDEB – Dalam sambutannya saat menghadiri acara musyawarah cabang salah satu organisasi kemahasiswaan di Berau, Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah, mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dapat belajar dari mahasiswa dalam hal kepanitiaan sebuah kegiatan. Pasalnya, dengan anggaran yang tidak cukup besar, mereka dapat melaksanakan kegiatan dan dapat berjalan lancar.

"Bagi saya kepanitiaan dalam sebuah kegiatan mahasiswa ini sangat bisa jadi contoh buat kita di instansi pemerintahan pada saat melaksanakan acara-acara serupa. Dengan dana yang sangat minim, mereka bisa saling bekerja sama dan menyelenggarakan kegiatan sampai selesai," ucapnya.

Hal tersebut disampaikannya agar seluruh kegiatan yang dilaksanakan di instansi pemerintahan dapat berjalan meskipun tidak ada honor untuk kepanitiaan yang melaksanakan. Terlebih, saat ini hal tersebut sangat relevan jika diterapkan pada kondisi ekonomi Pemkab yang sedang defisit.

"Apalagi sekarang kita tahu kalau anggaran banyak sekali yang dipotong. Dengan mencontoh apa yang dilakukan kepanitiaan dari kegiatan mahasiswa ini, saya yakin bisa sedikit mengefisienkan anggaran. Tinggal bagaimana kepanitiaan saja lagi yang mau bekerja dengan baik dan benar tanpa diberikan honor atau tidak," jelasnya.

Dengan demikian, ia pun berharap hal tersebut dapat pula diterapkan di instansi pemerintahan demi penghematan anggaran untuk sebuah kegiatan.

"Yang terpenting adalah kerjasama dan bagaimana mau bekerja dengan hati. Jangan sampai tanpa ada honor untuk kepanitiaan jadi tidak beres kerjaannya. Kalaupun ada honor ya anggap saja itu bonus, tapi kalau tidak bisa jangan dipaksakan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia