Sempat Tertunda, 19 Mei Gaji Guru Honorer Dibayar???

 

TANJUNG REDEB – Persoalan gaji guru honorer tingkat SMA yang tak kunjung dibayar hingga saat ini, terus menyisakan tanda tanya di kalangan tenaga pendidik tersebut.

Pasalnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Dayang Budiati, sempat menjanjikan untuk membayar gaji para guru honorer pada April lalu, namun kenyataannya hingga memasuki Mei gaji tersebut tak kunjung dibayarkan.

Untuk memberikan kejelasan atas hak mereka, DPRD Berau, melalui Komisi III Bidang Pendidikan, bersama dengan perwakilan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), beberapa waktu lalu telah menemui Pemprov guna membahas persoalan tersebut.

Dalam pembahasan tersebut, pembayaran gaji guru honorer tingkat SMA1 kembali dijanjikan akan dicairkan pada 19 Mei 2017 mendatang. Hal itu disampaikan Anggota Komisi III, Ratna, saat menghadiri hearing atau rapat dengar pendapat di Kantor DPRD Berau, bersama Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI), Kamis (04/05/2017).

“Kami sudah lakukan koordinasi sekaligus mendesak Pemprov untuk segera tuntaskan persoalan ini dan hasilnya gaji para guru ini akan segera dibayar dalam waktu dekat. Pertemuan tersebut juga dilakukan bersama perwakilan dari PGRI,” ungkap perempuan yang bernaung pada Fraksi Partai Golkar tersebut.

Sejak bulan Januari lalu, gaji guru honorer tingkat SMA yang tersebar di hampir seluruh daerah Kaltim belum juga terbayarkan oleh Pemprov. Berulang kali mereka mempertanyakan perihal hak mereka, bahkan sampai pada tahap melakukan hearing ke DPRD dan menuliskan surat terbuka untuk Presiden RI Joko Widodo, juga sudah dilakukan.

“Kami akan selalu memperjuangkan hak para guru-guru ini, sebab tanpa adanya mereka jelas pendidikan untuk anak-anak kita juga tidak akan berjalan seperti yang kita harapkan,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia