Perlu Ada SMP Percontohan di Berau

 

TANJUNG REDEB – Selama ini, SMA 1 Berau dan SMA 4 sudah menjadi sekolah unggulan dan percontohan bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) lainnya di Kabupaten Berau. Bagaimana dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP)?

Saat mengunjungi beberapa sekolah yang sedang melaksanakan ujian, yakni SMPN 2 Berau dan MTsN Berau, Ketua DPRD Berau, Sarifatul Sya’diah, yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Berau, Armyn Zulkiflie, sempat tercetus keinginan untuk adanya sekolah percontohan khususnya SMP.

Contohnya, SMPN 2 Berau yang didatangi. Sekolah tersebut layak dijadikan percontohan, karena tempatnya juga memenuhi syarat, masih luas, dan masih bisa dikembangkan meskipun masih ada beberapa bagian yang harus direhab atau diperbaiki.

Ya, selama ini SMPN 2 memang selalu menjadi sekolah yang sering kebanjiran saat curah hujan tinggi. Hal inilah yang menjadi perhatian serius, bagaimana nantinya SMPN 2 bisa bebas banjir. Terlebih dengan anggaran yang ada saat ini, hanya sekitar Rp1,4 Triliun, sudah seharusnya mencarikan solusi terbaik guna penyelesaian masalah tersebut.

 

4 lokal bangunan kelas memang selalu terendam banjir, selain itu perpustakaannya juga sempit, sangat tidak memadai dengan jumlah murid yang ada.

“SMPN 1 Berau juga bagus, bisa dijadikan percontohan, namun untuk perluasan, lokal bangunannya perlu ada tambahan bangunan ke atas atau dibuat tingkat,” jelas Sari yang juga anggota Fraksi Partai Golkar Berau.

SMP percontohan ini dianggap sangat perlu, karena jika nanti ada tamu atau sekolah luar Berau yang datang, maka Kabupaten Berau sudah memiliki SMP dan SMA rujukan yang bisa didatangi, dan lebih bagusnya lagi jika sekolah tersebut nantinya juga bisa menjadi percontohan bagi SMP dan SMA di luar Kabupaten Berau.

 

“Yang penting adalah mencari jalan agar sekolah yang akan dijadikan percontohan ini bisa bebas banjir, dan lokal bangunannya seperti fasilitas perpustakaan dan lainnya, sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Karena itu semua merupakan syarat menjadi sekolah Adiwiyata,” tutupnya.(bnc)