Ketua DPRD : Pemkab Harus Prioritaskan Pemuda Asli Daerah

 

TANJUNG REDEB – Jumlah pemuda Berau lulusan sarjana dari Universitas ternama di Indonesia yang tidak sedikit, dikatakan Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah, merupakan aset daerah yang perlu diberdayakan.

Dalam hal ini, ia mengatakan Pemkab dapat merangkul pemuda lulusan sarjana tersebut untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah dari segala bidang, sesuai dengan potensi yang dimiliki, misalnya dalam bidang pertanian, perkebunan, peternakan, pertambangan, kelautan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

"Kalau kita lihat, banyak sekali pemuda Berau yang kuliah keluar daerah dan begitu pulang mereka membawa ijazah. Dari lulusan-lulusan itu, tidak jarang yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cukup baik, dan tentu memiliki potensi yang tidak kalah dengan pemuda luar daerah. Nah, itu harus kita perhatikan," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (01/03/2017).

Keberadaan lulusan sarjana tersebut, juga disampaikannya perlu diperhatikan agar kontribusi pemuda daerah untuk Berau tidak hanya sekadar slogan saja. Namun ada kinerja nyata dari pemuda asli daerah yang dapat dibanggakan untuk pembangunan.

"Memang kan yang lebih baik berkontribusi secara besar pada daerahnya itu adalah putra putri daerah tersebut juga, apalagi memang patut untuk dirangkul dan diberdayakan, punya kemampuan, pendidikannya juga sudah memenuhi syarat dan lain-lain," katanya.

Untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada pemuda Berau lulusan sarjana yang berpotensi tersebut, dikatakannya Pemkab perlu memberikan pelatihan kepada para lulusan sarjana dimasing-masing bidang yang mereka kuasai. Dengan demikian, potensi yang dimiliki pemuda Berau tersebut dapat bermanfaat bagi pembangunan daerah.

"Daripada kita memberdayakan orang luar, lebih baik Pemkab memperhatikan dulu pemuda asli berau yang sekiranya punya potensi untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah. Jadi, setelah menyelesaikan pendidikan dan mereka kembali ke Berau, paling tidak sudah ada harapan untuk memiliki lapangan pekerjaan," ucapnya.

Ia juga berharap, dengan adanya perhatian dan kesempatan oleh Pemkab untuk pemuda asli Berau lulusan sarjana tersebut, akan menjadi motivasi bagi pemuda Berau lainnya untuk menempuh pendidikan sebaik-baiknya, baik di daerah maupun luar daerah.

"Kalau pemuda sudah merasa diperhatikan, maka hal itu juga akan jadi motivasi bagi mereka untuk menempuh pendidikan sebaik-baiknya. Dengan begitu, ke depan Berau akan dibangun oleh pemuda asli Berau sendiri, yang lebih mengerti dan memahami kondisi daerahnya. Apalagi kalau bisa bertugas atau berkontribusi di tanah kelahirannya sendiri. Itu lebih baik. Jadi, pemuda asli daerah harus diprioritaskan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia